zerOne.id

Makin Paham Pengertian Startup Lewat 3 Istilah Ini

Perkembangan dunia startup amatlah pesat di seluruh dunia. Seiring dengan penerapan digitalisasi di banyak sektor kehidupan, startup mulai menjamur dengan keunikan target pelanggan dan keunggulan produknya masing-masing.

Melonjaknya jumlah startup ini didorong oleh dua kelebihan yang dimilikinya, yaitu meningkatkan efektivitas suatu kegiatan dari segi kualitas maupun kuantitas dan karakteristiknya yang solutif, alias dapat mengatasi permasalahan masyarakat.

 

Jadi, dengan menggunakan jasa startup, memungkinkan usaha dan bisnis Anda menjadi semakin bernilai, produknya mudah ditemukan calon pelanggan, hingga hematnya biaya operasional.

Mereka yang menawarkan ini pun merasa puas karena menjadi bagian dari kemudahan aktivitas manusia.

Engga heran, tingginya permintaan jasa ke sebuah start up apalagi yang berbasis  teknologi digtial kerap laku di pasaran. Dan momen inilah yang dimaksimalkan oleh banyak start up.

Artikel ini disajikan agar kamu semakin kenal dengan seluk beluk dunia start up dengan mengenali beberapa istilah yang populer di dalamnya

Istilah-istilah dalam Dunia Start-Up

  1. Pitch/Pitching/Pitch Deck

    Pitch, pitching, atau pitch deck; adalah presentasi.
    Dalam hal start up, presentasi yang dimaksud adalah presentasi di hadapan para investor mengenai inti bisnis start up yang direncanakan.Mulai dari target pasar, kelebihan produk, serta proses yang telah dan akan berlangsung. Fokus utama kegiatan ini adalah meyakinkan investor agar mau menyalurkan dananya.Di dunia start up, peran ini sangat penting karena dapat menentukan lancar atau macetnya operasioanl sebuah start up. Jika presentasi ini berhasil dan investor bersedia memberi dana, biasanya start up akan menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan produk, merekrut anggota, hingga ekspansi pasar.

  2. Inkubasi
    Sederhananya, inkubasi adalah masa di mana para start up dikumpulkan pada suatu program untuk diberikan serangkaian bimbingan teknis dan persiapan agar bisnis mereka semakin berkembang.Umumnya, masa inkubasi dimentori oleh para founder atau profesional yang start up nya sudah lebih dahulu berkembang.Mengutip informasi dari Daily Social, di Indonesia memiliki sejumlah program inkubasi sebagai berikut:
  3. Akuisisi dan Merger

    Akuisisi adalah pengambilalihan kepemilikan perusahaan, baik sebagian maupun keseluruhan aset. WhatsApp tadinya adalah perusahaan sendiri, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Facebook senilai $16 miliar (188 triliun). Begitu juga dengan Instagram yang juga diakuisisi oleh Facebook lewat mahar $1 miliar (9 triliun) pada 2012.Warung Pintar, startup digital toko kelontong mengakuisisi Bizzy Digtial, start up di bidang logisitik. E-commerce Blibli.com mengakuisisi Ranch Market dan Fresh Market.Sementara Merger, Apa itu Merger? Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu. Contohnya, Gojek dan Tokopedia yang merger menjadi GoTo pada Mei 2021.

    Dalam dunia start up, akuisisi dan merger (M&A) adalah hal yang lazim. Tujuan utama dari kegiatan ini, antara lain meningkatkan nilai perusahaan sehingga investor semakin nyaman, melengkapi ekosistem layanan perusahaan.

Baca Juga  Tips Rahasia Sekolah Unggulan dalam Memilih Sistem Informasi yang Tepat

Itu tadi 3 hal yang identik dengan dunia start up. Ketiganya melekat bukan hanya pada start up yang berukuran besar, melainkan juga start up yang baru berdiri

Subscribe to our newsletter

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us