zerOne.id

Apa itu AI (Kecerdasan Buatan)? dan Sepenting Apakah AI bagi kehidupan kita?

“Artificial Intelligence (AI): Shaping The Future Of Humanity”

Baru-baru ini marak sekali trend AI Arts atau AI Avatar yang sedang diposting oleh orang-orang bahkan selebritis di sosial media. AI Avatar ini merupakan salah satu bentuk pengembangan AI atau kecerdasan buatan. Disamping itu juga beberapa waktu sebelumnya Open AI yang dikembangkan oleh Elon Musk, dengan fitur utamanya yaitu ChatGPT-nya juga menjadi topik utama dalam bahasan teknologi. Dan banyak spekulasi terkait pengembangan AI kedepannya akan seperti apa. Jadi, sebenarnya AI itu apa sih ? Kenapa ini sangat penting? Mari kita bahas dengan bahasa yang sederhana.

Singkatnya teknologi pada awalnya diciptakan untuk memudahkan dan membantu kerja manusia, yang awalnya mengirim pesan kepada seseorang diluar sana harus menggunakan surat dengan ditulis menggunakan pena dan mengirim lewat pos, lalu harus  menunggu berbulan-bulan untuk mendapat balasannya. Maka dengan adanya teknologi, kita hanya cukup mengetiknya di smartphone dan mengirimnya kepada orang yang dituju, langsung terkirim, dan langsung bisa mendapatkan balasan dihari yang sama. Sangat efisien dan efektif, bukan?

Nah, kemudian kita mengenai istilah AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan. jadi AI adalah rancangan manusia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga dapat melakukan suatu task atau pekerjaan tertentu. Kegunaan dari AI sendiri adalah sebagai asisten manusia. Pada dasarnya, AI diciptakan sebagai pendamping, bukan pengganti manusia. Namun, AI dapat diprogram sedemikian mungkin sehingga kecerdasannya bisa melebihi manusia biasa.

Manfaat Kecerdasan Buatan untuk Kehidupan

Meminimalisir Kesalahan

Dengan adanya kecerdasan buatan mampu mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Misalnya adalah teknologi yang terdapat pada sistem keyboard handphone atau komputer. Salah satu teknologi yang dimiliki oleh keyboard adalah mampu membenarkan kesalahan yang kita tuliskan. AI juga dapat mempelajari data dengan jumlah banyak untuk memberikan keputusan terbaik. Oleh sebab itu, penggunaannya bisa mengambil tindakan dalam rangka meminimalisir resiko kerugian.

Baca Juga  Cara Menjaga Keamanan Data Digital

Meningkatkan produktivitas

Adanya AI yang dapat bekerja secara efisien dan cepat, tentunya pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak dibandingkan manusia, sehingga dapat membantu manusia dalam mengerjakannya dan tentunya produktivitasnya akan bisa terus meningkat.

Otomatisasi tugas berulang

Ini menjadi salah satu manfaat artificial intelligence. yaitu membantu manusia untuk melakukan tugas berulang secara otomatis, Misalnya, fitur filter spam pada Email-mu. Rasanya malas jika kita harus menghapus email sampah secara satu persatu. Untungnya, layanan surel bisa mengenali spam dan menghapusnya sehingga surel tersebut bahkan tidak perlu kita lihat. Dan masih banyak lagi.

Dengan adanya kecerdasan, Ternyata tanpa disadari dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak hal yang sudah kita gunakan di dunia ini yang mana hal tersebut merupakan sebuah teknologi AI.

Contoh Kecerdasan Buatan

  • Asisten Virtual
  • Filter Wajah
  • Face-id
  • Maps/Navigasi
  • E-Payment
  • Social Media
  • Keyboard Auto-correct 
  • Belanja Online

Begitulah beberapa hal-hal yang perlu diketahui tentang Artificial Intelligence, ternyata juga banyak ya, teknologi AI yang sering kita gunakan sehari-hari tanpa kita sadari.

Keep updated & make it simple !

Contact Us