Lagi Cari Madrasah? 6 MAN Terbaik di Indonesia Ini Layak Kamu Pertimbangkan

Madrasah adalah salah satu pilihan yang dapat kamu pertimbangkan setelah menyelesaikan jenjang SMP atau Mts. Bukan tanpa alasan, Madrasah memiliki cara pembelajaran yang unik yang menjadikannya berbeda dengan lembaga pendidikan setara lainnya. Madrasah menggabungkan pembelajaran ilmu pengetahuan umum dan agama Islam sekaligus, hal yang jarang ada di SMA maupun SMK. Kalaupun ada, porsi yang disajikan sedikit dan materinya cukup umum. Padahal pelajaran agama sangat penting dipelajari oleh siswa di masa pertumbuhan seperti kamu.

Madrasah menawarkan belajar ilmu pengetahuan seperti sekolah lainnya, lalu dilengkapi dengan belajar ilmu agama, amat menarik bukan? Kamu bukan hanya akan memahami  pengetahuan umum, tetapi juga mengerti tentang agama Islam, panduan hidup yang selalu melekat di kehidupan kamu. 

 

Di madrasah, kamu akan mendapatkan materi yang lebih dalam dan pengajaran yang lebih banyak, Ini akan membuat wawasan agama Islam kamu lebih luas. Orang tua kamu pun pasti bangga mengetahui anaknya seperti ini. 

 

Tidak perlu cemas merasa asing karena berada di lingkungan yang bernuansa agama, justru di madrasah kamu akan menemukan lingkungan yang memiliki ketertarikan serupa dengan kamu. Belajar, bergaul, dan berkembang secara bersama-sama, dengan suasana nilai-nilai Islam akan membuat hari-hari kamu menjadi memori yang sangat mengesankan.

 

Tetapi, ada lebih dari 9000 madrasah di Indonesia. Bagaimana kamu memilih yang terbaik? Artikel ini membantu kamu menjawabnya, menemukan rekomendasi pilihan madrasah yang layak dipertimbangkan. 

 

Pilihan ini diurutkan berdasarkan nilai UTBK tertinggi tahun 2021. UTBK atau ujian tertulis berbasis komputer adalah seleksi nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Jadi, jika kamu berhasil mendapatkan nilai UTBK yang ditentukan, maka kamu berhak menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang kamu pilih. 

 

1. MAN Insan Cendekia Serpong

 

Baca Juga  3 Cara Membuat Sekolah Menjadi Yang Dirindukan

Popularitas MAN Insan Cendekia Serpong tidak diragukan lagi sebagai sekolah kebanggaan yang berbasis Iptek dan Imtaq. Sekolah yang dirintis oleh BJ. Habibie ini berhasil mengantarkan siswanya meraih nilai UTBK 2021 tertinggi se-Indonesia, mengalahkan lebih dari 4000 sekolah lainnya. Istimewanya, prestasi ini naik 1 tingkat dibanding tahun lalu. Selain itu, salah seorang siswa sekolah ini dikabarkan lolos seleksi penerimaan di 5 kampus top dunia. Fakta ini menunjukkan bahwa  manajemen sekolah ini bukan hanya benar-benar kompeten mengajar siswanya agar memperoleh hasil belajar tertinggi, tetapi juga sukses mengevaluasi pencapaian. Hasil yang nyaris sempurna tentu didapatkan dari pengelolaan yang nyaris sempurna juga. Sekarang kamu mengerti kenapa sekolah ini layak dipertimbangkan.

 

 

2. MAN Insan Cendekia Gorontalo

 

Selain MAN Insan Cendekia Serpong, ada juga MAN Insan Cendekia Gorontalo. Boleh dibilang, sekolah ini adalah saudara kembar nya sekolah MAN Insan Cendekia Serpong. Itu karena kedua sekolah ini memulai kegiatannya di waktu yang bersamaan, pada tahun 1996. Alasan lokasi pemilihan Gorontalo ini tidak bisa dilepaskan dari pendirinya, yaitu BJ, Habibie. Ayah dan kakek BJ. Habibie, adalah orang Gorontalo asli. Masa kecil beliau juga terkenang selama di Gorontalo.  Itulah mengapa sekolah ini seolah menjiwai semangat pengembangan ilmu pengetahuan BJ. Habibie yang hasilnya tergambar pada raihan skor UTBK 2021, peringkat ke-25 dari 4432 sekolah.

 

3. MAN Insan Cendekia Pekalongan

 

Pekalongan ternyata bukan hanya dikenal karena produksi batik nya yang mendunia, tetapi juga kualitas pendidikan di sana, seperti yang diperlihatkan oleh MAN Insan Cendekia Pekalongan. Pada tahun 2021, sekolah ini berhasil mengantarkan salah satu siswanya mendapatkan skor UTBK 592,763, terbaik ke-3 di kalangan madrasah. Torehan membanggakan ini tentu memperlihatkan pola belajar-mengajar yang selama ini dijalankan, sehingga siswa dapat menjawab benar pada soal-soal UTBK. Menariknya, sekolah ini hanya butuh waktu 5 tahun untuk membuktikan mutu pembelajarannya tersebut. Bayangkan, kemajuan apa yang terjadi 5 atau 10 tahun lagi di sini.  Bagi kamu yang sedang mencari-cari madrasah terbaik di sekitar pulau Jawa, MAN Insan Cendekia Pekalongan ini layak kamu perhitungkan.

Baca Juga  Pahami 5 Taktik Ini Agar Ujian Online Di Rumah Memuaskan

4. MAN 2 Kota Malang

 

Malang memang merupakan pusat pendidikan. Buktinya, sederet perguruan tinggi terbaik ada di kota ini. Kenyataan itu juga terlihat melalui prestasi MAN 2 Kota Malang, yang salah satu siswanya mendapatkan skor cukup tinggi pada UTBK 2021. Berhasil menduduki peringkat ke 35 dari lebih 4000 ribu sekolah adalah catatan yang amat membanggakan bagi sekolah ini. Terkait prestasinya, tidak akan muat kalau dituliskan di sini karena teramat banyak. Kamu dapat mengaksesnya di internet dengan mudah karena beritanya banyak sekali. Tidak heran kalau MAN 2 Kota Malang ini ditetapkan sebagai salah satu MAN model, yang artinya pusat percontohan bagi madrasah lainnya. Oh ya, sekolah ini adalah satu-satunya sekolah selain MAN Insan Cendekia yang berhasil kami menyita perhatian kami. Mengagumkan!

5. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

 

Untungnya, pilihan madrasah terbaik bukan hanya ada di pulau Jawa dan pulau Sulawesi. Di Pulau Sumatera pun ada. Misalnya di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Daerah yang populer dengan kuliner rendang ini semakin terdengar setelah MAN Insan Cendekia Padang Pariaman sukses mencatatkan namanya menjadi salah satu sekolah terbaik versi nilai UTBK tahun 2021, hanya dua tahun setelah masa pendiriannya. Hasil membanggakan ini sebetulnya memperlihatkan keseriusan pengelolaan pembelajaran dari para guru, manajemen sekolah dan siswa di sekolah ini. Pembelajaran yang benar-benar berkualitas akan terlihat pada hasil ujian yang sempurna. Jika kamu mengunjungi websitenya di https://icpp.sch.id/, terlihat suasana sekolah yang sangat kondusif untuk belajar karena tidak terlalu dekat dengan keramaian umum. Ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan suasana belajar yang hening agar dapat berkonsentrasi penuh.

Baca Juga  5 Tren Teknologi Yang Sekolah Maju Terapkan

 

 

6. MAN Insan Cendekia Kota Batam

 

Dari kelima sekolah yang disebutkan di sini, MAN Insan Cendekia Kota Batam adalah sekolah yang proses kemajuannya paling besar. Tahun lalu, sekolah ini menempatkan satu siswanya ada di urutan 283 dari 6156 sekolah. Naik 157 peringkat, sekolah  ini ada di urutan 126 dari 4432 sekolah. Capaian signifikan ini didorong oleh strategi manajemen sekolah yang sangat baik seperti memenuhi sarana dan fasilitas sekolah, peningkatan mutu guru, hingga memotivasi siswa. Kamu tidak akan salah langkah jika bersekolah di tempat yang pengelolaannya sebagus ini. Hanya menunggu waktu, kamu akan semakin dekat dengan cita-cita yang kamu idamkan.

 

Singkatnya, ada 6 pilihan MAN yang dapat kamu pertimbangkan,

  • MAN Insan Cendekia Serpong
  • MAN Insan Cendekia Gorontalo
  • MAN Insan Cendekia Pekalongan
  • MAN 2 Kota Malang
  • MAN Insan Cendekia Padang Pariaman
  • MAN Insan Cendekia Kota Batam

Pilihan ini didasarkan pada perolehan nilai UTBK tahun 2021 versi LTMPT. Jumlah yang dihasilkan dari UTBK ini menggambarkan tingkat penguasaan siswa terhadap standar tes UTBK, yang berarti kualitas sekolah dan pembelajarannya juga menentukan perolehan hasil tersebut. Semakin tinggi nilai UTBK, berarti semakin berkualitas sekolah tersebut.

Semangat kamu, calon anak madrasah!