zerOne.id

Covid-19 Membawa Berkah Bagi Pendidikan

COVID-19 yang melanda dunia sejak 2019-2022 menyebabkan banyak perubahan terhadap perilaku manusia. Dari pembatasan sosial hingga penutupan sekolah, pandemi ini telah mengubah lanskap pendidikan secara dramatis. Adaptasi besar yang terjadi karena pandemi salah-satunya yaitu Online Study. Para siswa dan pengajar kini harus menyesuaikan diri dengan pembelajaran jarak jauh dan teknologi pendukungnya. Sistem manajemen pembelajaran online (LMS) dan platform video konferensi seperti Zoom dan Google Meet telah menjadi alat yang penting dalam menjalankan kegiatan belajar-mengajar. Akibat dari hal ini kita jadi menyadari bahwa pentingnya peran teknologi pada pendidikan pada situasi seperti dan sekarang ini.

Penggunaan teknologi seperti komputer, internet, dan perangkat mobile telah mengubah cara belajar dan mengajar. Setidaknya ada 5 perkembangan yang digunakan dalam dunia pendidikan, diantaranya :

Penggunaan Komputer & Internet

Dalam 15 tahun terakhir penggunaan komputer/laptop dan internet sebagai media belajar sudah mulai menjadi pilihan utama dalam dunia pendidikan di berbagai negara-negara di dunia, dengan majunya perkembangan teknologi secara masif dan global menyebabkan perubahan yang signifikan terhadap dunia pendidikan.

E-Learning

E-Learning menawarkan metode pembelajaran yang fleksibel dan efisien. Dengan digitalisasi proses belajar-mengajar jadi lebih mudah bagi siswa dan guru. Kemudahan untuk siswa salah satunya dapat mengakses materi pelajaran dari mana saja dan kapan saja melalui Internet

ED-Tech

Education technology mengembangkan berbagai aplikasi dan perangkat yang dirancang khusus untuk pendidikan, seperti aplikasi pembelajaran interaktif, perangkat pembelajaran berbasis tablet, dan robot pembelajaran.

Virtual & Augmented Reality

Teknologi ini digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih imersif dan interaktif. Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan teknologi VR dan AR dapat membantu siswa lebih terlibat, memahami konsep dengan lebih baik, dan mengembangkan keterampilan yang relevan. Ini juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

Baca Juga  Selamat ! Inilah 3 Startup Pemenang Indigo Challenge 2022

Analisis Data

Teknologi analisis data digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang siswa, seperti hasil tes dan aktivitas belajar, untuk membantu guru mengevaluasi kemajuan siswa dan menyesuaikan pengajaran.

Dari bahasan tersebut menggambarkan bahwa dalam situasi sulit seperti pandemi Covid-19, kemudahan teknologi membantu proses pembelajaran dalam dunia pendidikan sehingga menjadi lebih flexibel dan praktis, bisa dijangkau semua orang tanpa harus keluar dari rumah dan membantu proses pemulihan pandemi Covid-19 sehingga tidak menjadi bertambah buruk, dan aktivitas bisa kembali dengan normal.

Contact Us