zerOne.id

Cara Menjaga Keamanan Data Digital

Beberapa waktu yang lalu diawal tahun 2023, berita mengenai data digital Dukcapil Kemendagri yang diduga bocor sebanyak 337 juta telah tersebar, masyarakat seakan meragukan kemampuan pemerintah kita dalam menangani kasus peretasan seperti ini, apalagi mengingat peran digital sangat penting karena banyak aktivitas dan pekerjaan sehari-hari yang terhubung secara digital. Oleh karena itu pentingnya bagi diri kita sendiri untuk bisa mengantisipasi dan mengamankan data digital dimulai dari diri kita sendiri dengan cara-cara sederhana seperti :

1. Gunakan Password yang Kuat

Gunakan kombinasi karakter yang kompleks, Hindari menggunakan kata-kata umum atau informasi pribadi yang mudah ditebak. Password yang kuat juga menjadi benteng awal agar data pribadi kita tidak mudah diakses oleh orang sembarangan.

2. Perbarui Perangkat Lunak Secara Teratur

Pastikan sistem operasi, aplikasi, dan perangkat lunak lainnya selalu diperbarui dengan versi terbaru. Pembaruan seringkali mencakup perbaikan keamanan yang vital. Update setiap ada pembaruan software agar keamanannya juga selalu terupdate.

3. Buat Cadangan Data Secara Rutin

Back up data merupakan hal yang juga tak kalah penting, dengan mencadangkan data akan membantu mengatasi kehilangan data akibat serangan malware atau bencana teknis lainnya.

4. Bersikap Waspada terhadap Phishing

Banyak sekali kiriman link atau tautan yang sumbernya kita tidak tahu kejelasannya, hindari mengklik tautan atau membuka lampiran dari email yang mencurigakan. Pelajari cara mengenali dan menghindari phishing. 

5. Gunakan Keamanan Lapis Ganda (Multi-factor Authentication)

Aktifkan fitur lapisan keamanan tambahan seperti kode verifikasi dua faktor (OTP) untuk melindungi akun Anda dari akses ilegal.

6. Batasi Akses Data

Berikan izin akses yang tepat kepada karyawan atau pengguna. Hindari memberikan hak akses yang tidak perlu untuk mengurangi risiko kebocoran data. Less is more.

Baca Juga  5 Tren Teknologi Yang Sekolah Maju Terapkan

7. Berinvestasi dalam Keamanan Cyber 

Jika anda bekerja dalam sebuah perusahaan atau anda adalah pemilik sebuah perusahaan yang berhubungan dengan banyak data yang tersimpan, pertimbangkan untuk menginvestasikan sumber daya dalam solusi keamanan siber seperti firewall, antivirus, dan sistem deteksi intrusi, karena untuk skala yang besar seperti perusahaan tindakan atau keamanan penjagaan dasar seperti diatas tidaklah cukup untuk mencover semua data, diperlukan investasi yang lebih dalam upaya menjaga data dari serangan cyber.

Contact Us