zerOne.id

Teknik Branding Sekolah Modern Yang Dapat Diterapkan

Branding adalah sebuah hal fundamental sebuah sekolah. Citra yang tercipta sehingga orang lain mengenal bagaimana sekolah berjalan, bekerja, dan berkarya itu adalah hasil dari teknik branding yang baik. Melalui penerapan teknik branding yang baik, sekolah dapat menciptakan citra yang positif dan menarik, sehingga akan lebih mudah untuk menarik minat calon siswa dan mendapatkan dukungan dari masyarakat secara luas. Branding yang kuat juga dapat membantu sekolah menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia pendidikan. Anda dapat menerapkan teknik branding untuk sekolah anda seperti berikut ini :

Menentukan Identitas Merek 

Karakter yang unik dan menarik tentu akan selalu bisa diingat oleh banyak orang. Nah oleh karenanya pentingnya sebuah visi, misi untuk dimiliki sebagai perwujudan karakter sebuah sekolah. Tentukan visi, misi, & nilai-nilai inti yang mewakili sekolahmu, visi dan misi bisa dibilang sebagai sebuah petunjuk arah bagi sekolah, agar jalur dan perkembangan sekolah tersebut menjadi terarah. dan tentunya identitas ini yang akan membedakan dengan sekolah lain.

Logo & Desain Grafis 

Tentu ada istilah “Don’t judge book by it’s cover”. Istilah ini tidak selamanya keliru, terkadang sebelum mengetahui lebih dalam akan sesuatu, orang akan menilai dari rupa atau tampilan depannya terlebih dahulu, jika menarik maka mereka akan bertanya, jika kurang menarik, ya, paling hanya sekedar dilihat saja. Tapi tidak apa-apa, yang penting sama-sama dilihat. Hal ini juga berlaku kepada sebuah sekolah. Ia akan menarik jika mempunyai logo yang menarik pula dan berkarakter sehingga akan mudah diingat oleh orang lain, ini membantu supaya branding sekolah menjadi lebih baik lagi, karena desain grafis dan elemen visual seperti logo juga akan merepresentasikan citra sekolah anda.

Baca Juga  Mengenal Bapak Pendidikan Indonesia

Komunikasi yang Konsisten

Elemen ini merupakan salah satu cara ampuh dimasa sekarang untuk membuat anda diingat. Slogan yang unik dan dilakukan dengan konsisten akan memberikan efek kepada orang-orang, sebagai contoh sebuah grup motor artis indo berisikan 13 orang bernama Prediksi, yang tentunya sudah kalian ketahui semuanya anggota-anggotanya, mempunyai tagline slogan, atau yel-yel berbunyi “Prediksi? Jaya, jaya, jaya” Slogan ini simple tapi menarik untuk didengar dan akan mudah diingat oleh orang banyak, sehingga jika mendengar kata “Jaya, jaya, jaya” mungkin sebagian besar akan langsung ingat kepada Grup Prediksi. Ini sebagai salah satu bukti bahwa pola komunikasi seperti slogan atau tagline akan juga membuat orang mengenal siapa atau apa sekolahnya, jadi gunakan tagline atau slogan yang singkat namun kuat untuk meningkatkan daya tarik merek, dan ingat! Gunakan dengan konsisten.

Membangun Kehadiran Online

Dalam 10 tahun terakhir rata-rata aktivitas sudah terintegrasi pada internet, jadi pentingnya branding diri disitus media sosial yang menarik dan responsif, dan membangun web sekolah agar jika ada orang-orang yang ingin mengetahui sekolahmu seperti apa dapat mudah mencarinya dan mendapatkan informasinya.

Menjaga Kualitas Pendidikan 

Selain branding tampilan yang tentunya sangat penting, pastikan juga kualitas pendidikan sekolah tetap meningkat dan tetap tinggi sesuai dengan standar modern. Karena jika sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk menitipkan banyak anak yang belajar disekolahmu maka merupakan sebuah kewajiban bagi anda untuk mempersiapkan dan menjaga mutu dan kualitas pendidikan tetap tinggi, sehingga reputasi dan akreditasi sekolah mencapai level unggul. 

Melibatkan Orang Tua

Pentingnya review dan feedback dari orangtua murid dapat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan lingkungan sekolah,  dengan memperkuat ikatan antara sekolah dan orang tua dapat memperkuat brand atau merk sekolah anda. Dengan begitu akan banyak lagi orang tua-orang tua yang bersedia menitipkan anaknya untuk belajar disekolah anda.

Baca Juga  Persepsi yang Salah Tentang Pendidikan di Indonesia

Evaluasi dan Koreksi

Analisis kelemahan dari diri sendiri merupakan salah satu senjata ampuh agar mampu mengantisipasinya. Sekolah yang anda bangun dengan sedemikian rupa tentunya memilihi beberapa kelemahan yang jika dibiarkan akan merepotkan. Jadi lakukan evaluasi berkala, perbaiki kelemahan dan terus tingkatkan citra dan reputasi sekolah secara berkelanjutan.

Inovasi Pendidikan

Perkembangan teknologi dari kertas ke gadget/smartphone menjadi landasan penting agar sekolah anda ingin tumbuh. Fokus pada pengembangan program pendidikan yang inovatif, metode pengajaran modern, dan digitalisasi sekolah. Proses digitalisasi sekolah diantaranya adalah dengan menerapkan SIS seperti EDUNAV dan Latihan.id sebagai platform ujian online.

Contact Us